Efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis multi kecerdasan terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas kelas X SMAN 21 Palembang
Main Author: | Zela Desnia |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9663 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas lembar kerja siswa (LKS) berbasis multi kecerdasan terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas kelas X SMAN 21 Palembang dan untuk melihat aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan pre-test and post-test group dengan sampel dipilih dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes berupa soal essay berjumlah 10 soal untuk mengukur efektivitas LKS berbasis muti kecerdasan dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa. Berdasarkan nilai post-test siswa kelas X.2 yang mana terdapat 78% siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 75, perbedaan rata-rata gain ternormalisasi pada kelas X.2 sebesar 0.7 dalam kategori tinggi dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan ????h????????????????????= 22,74 dan ????????????????????????= 2,022, sehingga ???????? diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS berbasis multi kecerdasan efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas kelas X SMAN 21 Palembang dan aktivitas siswa menggunakan LKS berbasis multi kecerdasan dengan menggunakan lembar observasi membuat siswa menjadi aktif dalam mengikuti pembelajaran.
- xiii, 42 hlm. : ilus.