Pengembangan soal jenjang aplikasi (C3) taksonomi bloom pada pokok bahasan cahaya dan alat optik di Kelas VIII SMP Negeri 1 Inderalaya

Main Author: Maisyaroh
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9633
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Telah berhasil dikembangkan instrumen soal jenjang aplikasi (C3) TaksonomiBloom pada pokok bahasan cahaya dan alat optik yang valid, praktis, dan reliabel.Pengembangan bahan ajar ini menggunakan kombinasi model pengembanganRowntree dan evaluasi Tessmer. Model pengembangan Rowntree terdiri dari tigatahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Padatahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif yang dikemukakan oleh Tessmer yangterdiri dari 5 tahap, yaitu self evaluation, expert review, one-to-one evaluation,small group evaluation dan field test. Teknik pengumpulan data menggunakanvalidasi ahli, angket dan observasi. Dari hasil expert review diperoleh persentaserata-rata hasil penilaian dari para ahli sebesar 88,33 (ketegori valid). Pada tahapone-to-one dan small group evaluation didapatkan hasil hasil rata-rata tanggapansiswa terhadap penggunaan soal jenjang aplikasi (C3) Taksonomi Bloom padapokok bahasan cahaya dan alat optik pada tahap uji coba small group sebesar89.58%, sehingga dapat dinyatakan praktis. Pada tahap uji coba field test diukurreliabelitas butir soal sebesar 0,78 dengan interpretasi reliabilitas tinggi. Dengandemikian, berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa instrumen soal jenjangaplikasi (C3) Taksonomi Bloom sudah tergolong valid, praktis, dan reliabelsehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan siswa di SMP Negeri 1Inderalaya.
  • xiv, 54 hlm. : ilus.