Pengaruh model pembelajaran inside-outside-circle (lingkaran besar–lingkaran kecil) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 05 Indralaya
Main Author: | Mega Silfia |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9492 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Inside-Outside-Circle dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Negeri 05 Indralaya. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent control group. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VB dan siswa kelas VD yang diambil dengan teknik purvosive sampling. Metode pengumpulan data adalah tes berupa tes pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPA antar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Inside-Outside-Circle dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 9,004 sedangkan nilai ttabel 2,691. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (9,004>2,691). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Inside-Outside-Circle dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Negeri 05 Indralaya.
- xvii, 72 hlm. : ilus.