Pengaruh penggunaan media flash card terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 02 Indralaya Utara

Main Author: Fifit Pitaloka
Format: Book
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9484
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan mediaFlash Card terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDNegeri 02 Indralaya Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode quasi eksperimental design dengan jenis rancangan nonequivalent ControlGroup Desaign. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDNegeri 02 Indralaya Utara dan populasi pada penelitian ini adalah kelas VA, VBdan VC. Pada kelas VA terdapat 17 siswa laki-laki, dan 16 siswa perempuan.Pada kelas VB terdapat 16 orang siswa laki-laki, dan 15 orang siswa perempuan.Pada kelas VC terdapat 16 orang siswa laki-laki, dan 16 orang siswa perempuan.Peneliti mengambil kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagaikelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah test tertulis berupa soalpilihan ganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil uji normalitas datamenggunakan uji Chi Kuadrat data pretest dan data posttest kedua kelas sampelberdistribusi normal dan bervariasi homogen. Penghitungan hipotesis penelitianmenggunakan uji t. Setelah uji hipotesis dihitung diperoleh bahwa thitung = 8,362dan ttabel = 2,6589 sehingga nilai thitung (8,362) > ttabel (2,6589). Maka H0 ditolak,dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaranmenggunakan media Flash Card berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswapada kelas V SD Negeri 02 Indralaya Utara.
  • xiv, 63 hlm. : ilus.