Pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar Siswa Kelas V SD Negeri 02 Indralaya Utara pada materi gaya magnet
Main Author: | Muti’a Shartika |
---|---|
Format: | Book |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9461 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian yang dilakukan di kelas V SD Negeri 02 Indralaya Utara ini bertujuanuntuk menguji pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswapada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi gaya magnet.Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi Eksperimental denganrancangan Desain Kelompok Kontrol Tak Ekuivalen. Sampel penelitian ini terdiridari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah siswa kelaseksperimen sebanyak 31 siswa dan kelas kontrol sebanyak 33 siswa. Instrumenpenelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda dan uraiansebanyak 20 soal, terdiri dari 15 soal pilihan ganda dan 5 uraian. Berdasarkanhasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebutberdistribusi normal dan bersifat homogen. Setelah dilakukan interpolasi untukdb= 62 dan taraf signifikan 5% maka diperoleh thitung sebesar 2,486. Ternyatathitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,486 > 1,9996. Oleh karena itu, ho ditolakdan ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruhsignifikan penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas V SDNegeri 02 Indralaya Utara pada materi gaya magnet.
- xvii, 70 hlm. : ilus.