Hubungan rasa percaya diri dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Xaverius 4 Palembang

Main Author: Ester Dhame C P
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9459
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan rasa percaya diri dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Adapun rumusan masalah penelitian yaitu “Berapa besar Hubungan Rasa Percaya Diri dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Xaverius 4 Palembang”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang menggunakan metode preexperimental design, dengan bentuk pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1SMA Xaverius 4 Palembang. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling probability sampling dengan aturan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak karena populasi dalam penelitian ini bersifat homogen, dimana tidak ada kelas unggulan maka sampel dalam penelitian ini dari dua kelas diambil satu kelas yaitu kelas XI IPS 1 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, angket dan tes. Berdasarkan observasi rasa percaya diri siswa yang dilakukan peneliti pada saat proses pembelajaran berlangsung , maka diperoleh hasil presentase sebesar 85% yang termasuk dalam kriteria interpretasi sangat baik. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu Korelasi Product Moment. Hasil analisis penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan hubungan rasa percaya diri dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 di SMA Xaverius 4 Palembang sebesar 52,85%. Namun dari hasil tersebut tentu dalam pelaksanaan masih terdapat kendala yang peneliti alami yaitu masih ada siswa yang tidak berani untuk bertanya, ternyata hal tersebut terjadi karena dalam diri siswa tersebut rasa percaya dirinya masih rendah padahal semua siswa telah diberi perlakuan untuk meningkatkan rasa percaya dirinya melalui model pembelajaran talking stick.
  • xii, 61 hlm. : ilus.