Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) di kelas X SMAN 1 Indralaya Utara

Main Author: Anggraini Yunita
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2017
Subjects:
CPS
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9427
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model CPS pada materi Trigonometri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X.MIA 2 SMA Negeri 1 Indralaya Utara yang berjumlah 30 orang. Proses pembelajaran berlangsung sesuai dengan model CPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis yang terdiri dari tiga soal uraian dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran model CPS di kelas X.MIA 2 SMA Negeri 1 Indralaya Utara berkategori kreatif dengan nilai rata-rata 61, dengan rincian persentase sebagai berikut: 3,33% siswa berada pada kategori sangat kreatif, 53,33% siswa berada pada kategori kreatif, 40% siswa berada pada kategori cukup kreatif, dan 3,33% siswa berada pada kategori kurang kreatif. Sementara persentase kemunculan indikator kemampuan berpikir kreatif sebagai berikut: indikator berpikir lancar sebesar 66,6%, indikator berpikir luwes sebesar 70,3%, indikator berpikir orisinil sebesar 5,8%, dan indikator berpikir elaboratif sebesar 83,9%.
  • xiv, 58 hlm. : ilus.