Analisis saluran pemasaran dan struktur pasar serta perubahan harga bahan olah karet rakyat di desa rengas 1 dan desa rengas 2 kecamatan payaraman kabupaten Ogan Ilir
Main Author: | Nanda Wulandari |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Pertanian
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9318 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/PERTANIAN.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi saluran pemasaranbahan olah karet di Desa Rengas 1 dan Desa Rengas 2 Kecamatan PayaramanKabupaten Ogan Ilir 2) Menganalisis struktur pasar bahan olah karet yang terjadidi Desa Rengas 1 dan Desa Rengas 2 Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir3) Menganalisis perubahan harga bahan olah karet yang terjadi dari tingkatlembaga pemasaran ke tingkat petani karet di Desa Rengas 1 dan Desa Rengas 2Kecamatan Payaraman kabupaten Ogan Ilir 4) Menghitung bagian yang diterimapetani (Farmer’s Share), keuntungan pemasaran, dan efisiensi pemasaran yangditerima oleh lembaga pemasaran di Desa Rengas 1 dan Desa Rengas 2Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir.Pengambilan data dilokasi penelitian ini dilaksanakan di Desa Rengas 1dan Desa Rengas 2 Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir pada bulanDesember 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Metodeini dilakukan dengan cara mendatangi langsung ke lokasi penelitian sertamelakukan wawancara kepada petani dan lembaga pemasaran. Metode penarikancontoh yang digunakan adalah metode penarikan contoh secara acak sederhana(Simple Random Sampling) dengan petani contoh 42 orang. Untuk lembagapemasaran dilakukan penarikan contoh dengan metode bola salju (SnowballSampling) dari 42 petani yang dipilih sebelumnya. Data yang didapat dianalisissecara tabulasi dengan metode perhitungan matematis dan dijelaskan secaradeskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu saluran pemasaranbokar di Desa Rengas 1 dan Desa Rengas 2 yaitu yang melibatkan petani karet kepedagang pengumpul desa, kemudian pedagang pengumpul besar, selanjutnyapedagang besar menjual bokar ke pabrik Aneka Bumi Pratama (ABP) diKecamatan Gandus Palembang.Struktur pasar yang ada di Desa Rengas 1 dan Desa Rengas 2 cendrungmengarah kepada pasar oligopoli. Nilai elastisitas transmisi harga (perubahanharga) bokar bernilai lebih kecil dari satu (Et
- v, 126 hlm. : ilus.