Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri 147 Palembang pada mata pelajaran Matematika materi sifat bangun ruang sederhana dengan menggunakan lembar kerja siswa

Main Author: Heni juwita sari
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9056
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswakelas 4 SD Negeri 147 Palembang pada mata pelajaran matematika materi sifatbangun ruang sederhana dengan menggunakan LKS. Bangun ruang merupakansebutan untuk bangun tiga dimensi atau bagian ruang yang dibatasi olehhimpunan titik-titik yang terdapat pada seluruh permukaan bangun tersebut.LKS adalah lembaran-lembaran panduan untuk mencari penyelesaian dalammasalah melalui penyelidikan, sehingga siswa diharapkan dapat mempelajarimateri ajar secara mandiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus mulai daritanggal 2 Februari 2016 sampai dengan 29 Maret 2016, pada semester genaptahun ajaran 2015/2016. Setiap siklus melalui tahapan perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian diperoleh nilai rataratasiswa yaitu siklus I dengan nilai rata-rata 73,24 sebesar 78%, sedangkanpada pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan siswa mendapat nilairata-rata 90 sebesar 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa denganpenggunaan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifatbangun ruang sederhana di kelas 4 SD Negeri 147 Palembang
  • xiii, 73 hlm. : ilus.