Upaya meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 147 Palembang

Main Author: M. Adji Purnomo
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9053
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • enelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 147Palembang pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan mediaAudio Visual. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) subjek dalampenelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 147 Palembang dengan jumlah 32 orangsiswa dengan rincian 15 laki-laki dan 17 perempuan. Penelitian ini terdiri dari III siklus.Analisis data menggunakan teknik tes dan observasi, pada siklus I siswa yang tuntassebanyak 20 siswa (65,6%), pada siklus II meningkat menjadi 23 siswa (78,1%) danpada siklus III siswa yang tuntas 28 siswa (87,5%). Peningkatan ketuntasan belajarsiswa ini juga didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus Isecara klasikal 68,8%, pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi87,5%. Pada siklus III terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa cukup signifikanmenjadi 96,9% ka. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, penerapan mediapembelajaran Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosialpada siswa kelas V sehingga peneliti menyarankan agar media Audio Visual dapatditerapkan pada pembelajaran IPS
  • xiii, 72 hlm. : ilus.