Pengaruh model pembelajaran generatif menggunakan media kartun terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi di SMK N 5 Palembang

Main Author: Dwi Lestari
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=8850
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/6.FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan perbedaan pengaruh modelpembelajaran generatif menggunakan media kartun dengan model pembelajarangeneratif menggunakan media komik terhadap motivasi belajar peserta didik padamata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 5 Palembang. Penelitian ini dilakukandengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas XAkuntansi di SMK Negeri 5 Palembang yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilansampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelasX Akuntansi 3 sebagai kelas eksperimen-1 dan kelas X Akuntansi 1 sebagai kelaseksperimen-2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket danObservasi. Teknik analisis data digunakan untuk mencari pengaruh menggunakanrumus thitung. Hasil yang didapat pada kelas eksperimen-1 yaitu thitung lebihbesar dari ttabel atau 20,31 ≥ 2,027, maka Ho ditolak dan Ha diterima yangartinya terdapat pengaruh antar variabel, dan pada kelas eksperimen-2 yaituthitung lebih besar dari ttabel atau 12,93 ≥ 2,027, maka Ho ditolak dan Haditerima yang artinya terdapat pengaruh antar variabel, untuk mencari perbedaanmenggunakan rumus uji t didapat hasil thitung sebesar 17,76 ≥ ttabel 1,98.Apabila thitung ≥ ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapatperbedaan pengaruh antar variabel. Hasil analisis data observasi pada kelaseksperimen-1 dan eksperimen-2 didapat hasil sebesar 91,5% sehingga dapatdiinterpretasikan aktivitas pembelajaran yang dilakukan peneliti sangat baik.Adapun kelemahan dalam penelitian ini yaitu saat membandingkan pendapatpeserta didik dengan peserta didik lainnya tentang materi jurnal umum.kebanyakan pendapat peserta didik sama dengan yang lainnya. Saran yangdiberikan peneliti yaitu sebaiknya peserta didik terlebih dahulu menuliskanpendapatnya secara tertulis kemudian dikumpulkan kepada guru (peneliti).Setelah itu peserta didik mengungkapkan pendapat sesuai dengan yang telahdikumpulkan. Sehingga pendapat peserta didik berbeda-beda
  • xiii, 32 hlm. : ilus.