Implementasi model pembelajaran everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 228 Palembang
Main Author: | Sisca Damayanti |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=8817 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 228 Palembang pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model Everyone Is A Teacher Here. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 228 Palembang pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan melaksanakan 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 228 Palembang yang berjumlah 36 siswa, 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi keaktifan siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I adalah 80,56%, dan ketuntasan hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus II adalah 91,56%. Rata-rata keaktifan klasikal siswa siklus I adalah 75%, dan keaktifan klasikal siswa siklus II adalah 88%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 228 Palembang. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 228 Palembang. Sehingga peneliti menyarankan agar model Everyone Is A Teacher Here dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS
- xiii, 56 hlm. : ilus.