Pengaruh model pembelajaran accelerared learning (pemeblajaran yang dipercepat) terhadap hasil belajar siswa kelas XI materi sistem gerak
Main Author: | Anisah Dwijayanti |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=865 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaranaccelerated learning (pembelajaran yang dipercepat) terhadap hasil belajar siswapada materi sistem gerak. Penelitian menggunakan metode pre-experimental dengandesain penelitian one group pretest-posttest dikelas XI IPA 4 SMA N 1 Tanjung Raja(Sumatera Selatan, Indonesia). Metode pengumpulan data dilakukan dengan tesuntuk hasil belajar (pengetahuan), observasi untuk aktivitas dan sikap siswa, danangket untuk respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran. Data aktivitas,sikap, dan respon siswa adalah data pendukung dalam penelitian ini. Pengumpulandata menggunakan analisis uji-t dan statistika deskriptif. Hasil analisis menunjukkanbahwa penerapan model pembelajaran accelerated learning (pembelajaran yangdipercepat) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitasbelajar siswa (aktivitas emosional, menulis, motorik, mental, dan lisan) adalah 76,76kategori aktif. Rata-rata sikap siswa (jujur, tanggung jawab, kerjasama, toleransi,percaya diri, dan disiplin) adalah 94,96 kategori sangat baik. Rata-rata respon siswaterhadap penerapan model pembelajaran accelerated learning adalah 90,32 sangatbaik.Kata Kunci: Model pembelajaran accelerated learning (pembelajaran yangdipercepat), Hasil belajar, Aktivitas, Sikap, Respon, dan Sistem Gerak
- xii, 51 hlm. : tab. : ilus.