Pengembangan modul berbasis problem solving pada materi laju reaksi kelas XI IPA SMA Negeri 2 Prabumulih

Main Author: Nia Lestari
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=8599
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis problem solving yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research), menggunakan model pengembangan ADDIE dan tahap evaluasi Tessmer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 5 SMA N 2 Prabumulih untuk tahap one to one dan small group serta siswa kelas XI MIA 4 SMA N 2 Prabumulih untuk tahap field test. Pada tahap expert review ada tiga aspek yang divalidasi yaitu pedagogik, desain dan materi. Hasil nilai rata-rata uji validasi yaitu sebesar 4,38 yang dikategorikan valid. Pada tahap one to one banyak siswa memberikan komentar dan saran terhadap kelayakan modul. Pada tahap small group hasil rata-rata angket yang diperoleh sebesar 3,61 dengan kategori kepraktisan baik, sedangkan untuk keefektifan modul dilihat dari nilai n- gain yang didapat pada tahap field test sebesar 0,68 dengan kategori efektif. Jadi, disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan sudah termasuk kedalam kategori valid, praktis, dan efektif sehingga guru dapat memanfaatkan modul sebagai alternatif bahan ajar dalam penyampaian materi, menyajikan soal latihan, soal evaluasi dan melatih siswa untuk berpikir mandiri. Pengembangan modul berbasis problem solving hanya mencakup aspek kognitif, sehingga diharapkan pada penelitian lanjutan dapat dikembangkan modul berbasis problem solving yang mengukur semua aspek hasil belajar.
  • xi, 52 hlm. : ilus.