Pengaruh penggunaan LKS berbasis eksprtimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 05 Inderalaya
Main Author: | Rika Hartini |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=858 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 05 Indralaya. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di SD Negeri 05 Indralaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Experimental Design dengan rancangan Pretest-Posttets Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 24 orang siswa. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut berdistribusi normal dan bersifat homogen. Oleh karena itu hipotesis penelitian diuji dengan uji t dan diperoleh thitung = 3,521 sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel = 2,015 sehingga terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu, ho ditolak dan ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 05 Indralaya.Kata kunci : LKS berbasis eksperimen, hasil belajar, IPA.
- xv, 91 hlm. : tab. : ilus.