Pengaruh strategi respon pembaca terhadap kemampuan memahami cerita rakyat pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir

Main Author: Nita Erisa
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=837
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran respons pembaca dalam pembelajaran memahami cerita rakyat pada siswa kelas X SMA Negeri I Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.D yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan strategi respons pembaca dan kelas X.F yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol dengan perlakuan strategi konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, sedangkan teknik pengelolaan data yang digunakan adalah perhitungan uji-t menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil tes kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest kelasek sperimen 49,93 meningkat menjadi 88,17 pada post test. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 38,24. Nilai rata-rata pretest kelas control 42,43 meningkat menjadi 75,89 pada post test. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 33,46. Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi respons pembaca berpengaruh bila diterapkan dalam pembelajaran memahami cerita rakyat.
  • xiv, 59 hlm. :ilus.