Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model project based learning pada kompetensi dasar mesin konversi energi motor bensin mata pelajaran teknologi dasar otomotif kelas X TKR 1 SMK Negeri 2 Kayuagung
Main Author: | Agus Ferdiansyah |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=8300 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan modelProject Based Learning pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif kelas XTKR 1 SMK Negeri 2 Kayuagung. Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajardan aktivitas siswa pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif kelas X TKR1 SMK Negeri 2 Kayuagung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1dan objek penelitian ini adalah model Project Based Learning. Penelitian inidilakukan dalam tiga siklus, dimana hasil belajar siswa mengalami peningkatkansecara klasikal dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Hal inidapat diketahui dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikalsebelum diberi tindakan (T0) sebesar 33,33% dengan rata-rata 2,26, sedangkansetelah diberi tindakan pada siklus I (T1) sebesar 55,56% dengan rata-rata 2,61,pada siklus II (T2) sebesar 74,07% dengan rata-rata 2,96, pada siklus III (T3)sebesar 85,19% dengan rata-rata 3,24 sehingga menunjukkan T3> T2> T1 > T0.Keaktifan belajar juga mengalami peningkatan dari siklus I, siklus II, dan siklusIII. Hal ini dapat diketahui dari persentase keaktifan belajar siswa dari setiapsiklusnya,yaitu siklus I sebesar 38,46%, pada siklus II sebesar 53,58%, padasiklus III sebesar 65,53%, ini menunjukkan keaktifan siswa termasuk kategoribaik.
- xv, 98 hlm. : ilus.