Perencanaan dan perancangan sekolah khusus tuna rungu di Palembang dengan pendekatan deafspace

Main Author: Indah Tiara Septi
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Teknik , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=7966
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/TEKNIK.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Sekolah Khusus Tuna Rungu merupakan tempat untuk memperoleh pendidikan bagi anak penyandang tuna rungu setara. Dengan sekolah ini, anak berkebutuhan khusus dapat memperoleh pendidikan dengan sarana dan prasarana yang memadai serta mendukung proses belajar mengajar sesuai kebutuhannya. Secara teknis operasional, sekolah khusus memberikan pelayanan terhadap berbagai macam ketunaan, tetapi ada beberapa yang memberikan pelayanan intensif untuk satu kategori ketunaan. Karena disetiap kategori ketunaan memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga membutuhkan penanganan yang khusus. Dengan adanya satu penanganan yang khusus, siswa penyandang tuna rungu dapat berkembang secara lebih optimal dalam hal pendidikan. Dalam menciptakan tempat belajar yang aman dan nyaman bagi siswa tunarungu, teori deafspace yang membahas tentang cara adaptasi ruang dan bersepsi bagi tuna rungu dapat menjadi acuan pendekatan. Dalam teori deafspace, aspek bangunan, ruangan, material, cahaya, warna dan akustik diperhatikan untuk dapat disesuaikan dengan karakter pengguna. Desain yang sesuai deafspace mengoptimalkan indera penglihatan (visual) dan kemampuan merasakan getaran oleh tuna rungu dalam mengenali ruang dan berkegiatan di dalamnya.
  • x, 77 hlm. : ilus.