Analisis Pengaruh Variasi Sudut Serang Terhadap Karakteristik Aerodinamika Dari Airfoil Naca 4412 Pada Pesawat Terbang Aeronca 7ac Champion

Main Author: Muhammad Zepri Karyadi
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Teknik , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=7918
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/Fak_TEKNIK.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Pada sayap pesawat terbang terdapat suatu bentuk bodi aerodinamik yang berfungsiuntuk menghasilkan gaya angkat (lift) yaitu sebuah airfoil. Airfoil pada setiap tipepesawat mempunyai bentuk rancangan dan ukuran yang berbeda, hal ini ditunjukandengan adanya suatu penomoran yang berbeda oleh NACA yang berfungsi untukmenunjukan data-data dari sebuah airfoil. Dengan adanya perbedaan pada airfoil makakarakteristik aerodinamika airfoil pada setiap jenis pesawat juga berbeda, karakteristikaerodinamika yang meliputi gaya angkat (lift), gaya hambat (drag) dan distribusikecepatan aliran fluida pada permukaan airfoil ini dipengaruhi oleh bentuk geometrisairfoil, kecepatan pesawat, luas permukaan sayap pesawat dan sudut serang udaraterhadap airfoil (angle of attack).Untuk mengetahui pengaruh perubahan sudut serang terhadap karakteristikaerodinamika airfoil, maka dilakukan analisis terhadap salah satu jenis airfoil, yaituairfoil NACA 4412 yang digunakan pada pesawat Aeronca 7AC Champion. Metodeanalisis pengaruh sudut serang dilakukan dengan cara mengolah data spesifik airfoilNACA 4412 dan data pesawat Aeronca 7AC Champion ke dalam persamaan yang ada,untuk angle of attack dibuat bervariasi antara sampai dengan dan kecepatanpesawat dibuat bervariasi antara 10 Mph sampai dengan 100 Mph. Dari pengolahan datadidapat nilai lift, drag dan distribusi kecepatan aliran fluida pada permukaan airfoil,yang kemudian disajikan ke dalam grafik. Dimana pada grafik terlihat nilai lift dan dragairfoil semakin bertambah besar seiring dengan pertambahan nilai angle of attack dankecepatan pesawat, lift mencapai nilai maksimum pada angle of attack dankecepatan pesawat 100 Mph yaitu sebesar 32017,53 N, dan kemudian setelah melewatiangle of attack airfoil akan mengalami stall, yaitu posisi dimana airfoil akan terusmengalami penurunan nilai lift.
  • xvii, 47 hal. : ilus