Analisis pemahaman konsep siswa sma pada materi suhu dan kalor dengan instrumen TTCI di SMA Negeri Sekecamatan Ilir Barat I Palembang

Main Author: RERRYSTA YOLANDA
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=7564
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/6.FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pemahaman konsep, jenis miskonsepsi,dan tingkat miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian dilakukan padaSMA Negeri se-Kecamatan Ilir Barat I Palembang dengan sampel 94 siswa kelas Xyang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan instrumenThermal and Transport Concept Inventory (TTCI) yang dilengkapi Certainty ofResponse Index (CRI) dan wawancara. Analisis data deskriptif kualitatif digunakanuntuk mencari rata-rata CRI dan fraksi jawaban benar dan jawaban salah. Hasilpenelitian didapatkan 1) skor pemahaman konsep siswa rendah yaitu sebesar45,28%, 2) terdapat 45,28% siswa paham konsep, 0% siswa kurang pengetahuan dan54,72% siswa mengalami miskonsepsi, 3) siswa mengalami miskonsepsi padaseluruh konsep yang diujikan yaitu 32 % pada konsep pemuaian zat, 44% padakonsep perubahan pertambahan panjang terhadap perubahan suhu, 45% pada konsepsifat anomali air, 83% pada konsep perubahan fase, 53% pada konsep laju masukanpanas terhadap perubahan suhu, 52% pada konsep suhu yang dibagi sama rata dan82% pada konsep hubungan kapasitas kalor dengan perubahan suhu. Implikasipenelitian, guru perlu menganalisis pemahaman konsep siswa dan memilih strategipembelajaran perubahan konseptual yang cocok untuk meningkatkan pemahamankonsep dan meremediasi miskonsepsi siswa
  • xvii,42 hlm.:ilus.