Keterampilan guru dalam memberi penguatan pada pembelajaran IPS di SMP Negeri se - kecamatan air salek
Main Author: | Mentari |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=7191 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keterampilan Guru dalam MemberikanPenguatan dilihat dari komponen verbal dan non verbal, cara pemberianpenguatan, dan prinsip pemberian penguatan pada pembelajaran IPS. Subjekpenelitian adalah guru IPS SMP Negeri Kecamatan Air Salek sebanyak 5 guru.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Keterampilanguru dalam memberikan penguatan pada pembelajaran IPS di SMP Negeri seKecamatan Air Salek termasuk kategori Sangat Baik. Keterampilan guru dalammemberikan penguatan dilihat dari komponen verbal dan non verbal termasukkategori Baik. Dilihat dari cara pemberian penguatan termasuk kategori SangatBaik. Dilihat dari prinsip pemberian penguatan termasuk kategori Sangat Baik.Pada penelitian ini, masih ditemukan kelemahan yaitu pada komponen penguatannon verbal penggunaannya hanya terbatas pada penguatan berupa mimik dangerak badan serta mendekati peserta didik, dan pada cara pemberian penguatankepada kelompok diberikan beberapa guru hanya pada saat menggunakan metodebelajar kelompok kepada satu atau sebagian kelompok peserta didik, sertakurangnya jumlah peserta didik yang diwawancarai dari masing-masing gurudengan penentuan jumlah peserta didik yang diwawancarai kurang tepat.Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru mengupayaan penggunaan berbagaikomponen penguatan non verbal yang dapat diberikan kepada peserta didik padapembelajaran IPS dan mengupayakan cara pemberian penguatan kepadakelompok yang dapat digunakan secara terus-menerus pada proses pembelajaranIPS, serta bagi peneliti selanjutnya untuk menambah jumlah peserta yang akandiwawancarai dan memperhatikan penentuan jumlah peserta didik yang akandiwawancarai melalui teknik yang tepat.
- xi, 123 hlm. : ilus.