Pengaruh strategi active learning tipe team quiz terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 43 Palembang
Main Author: | Oktarina Pratiwi |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=686 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Strategi Active Learning tipe Team Quiz terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 43 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode one group pre test post test design. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yang berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan non tes. Tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 40 soal. Berdasarkan hasil uji normalitas yang menunjukkan bahwa pre test dan post test berdistribusi normal. Dan dari hasil penghitungan uji hipotesis, yaitu nilai thitung adalah 10,768, sedangkan nilai ttabel adalah 2,0555. Hal ini berarti thitung > ttabel, maka Ho ditolak, Ha diterima dimana artinya terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui strategi Active Learning tipe Team Quiz. Dan non tes, berupa observasi aktivitas siswa. Dari hasil observasi selama tiga pertemuan, didapatkan rata-rata sebesar 73,33 yang dikategorikan aktif.
- xiii, 180 hlm. : ilus.