Pengaruh model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V SD Negeri 05 Inderalaya

Main Author: Mildha Ayu Lestari
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=673
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V SD Negeri 05 Indralaya. Metode yang digunakan adalah metode pre-experimental dengan rancangan One group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri 05 Indralaya dan sampel penelitian terdiri dari satu kelas, dengan jumlah 15 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan jadi total siswa ada 29 orang. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut terdistribusi normal. Oleh karena itu hipotesis penelitian diuji menggunakan uji. Setelah hipotesis penelitian diuji dengan ujidiperoleh thitung = 24, 91, sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel = 2, 048 sehingga terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V SD Negeri 05 Indralaya.
  • xiv, 252 hlm. : ilus.