Analisis Tingkat Kesesuaian Langkah -langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik pada Rencana Pelaksaan Pembelajaran Guru Biologi Kelas x SMA Negeri Unggulan di Kota Palembang

Main Author: Widya Utami
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=6569
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/Fak_FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian langkah-langkah pembelajaran pada RPP guru Biologi dan kelengkapan komponen-komponen bentuk penyusunan RPP guru Biologi kelas X di tiga SMA Negeri Unggulan di kota Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengambilan data dilakukan di tiga SMA Negeri Unggulan dengan subjek penelitian tiga orang guru Biologi kelas X dari SMA Negeri Unggulan di kota Palembang. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, tingkat kesesuaian substansi RPP berada dalam kategori sangat sesuai, sesuai, dan sangat tidak sesuai. Ketidaksesuaian ini secara substansi langkah-langkah pembelajaran pada kegiatan inti tidak sesuai dengan ke lima aspek pendekatan saintifik (5M) yang ditetapkan dalam Kemendikbud 2013. Tingkat kesesuaian kelengkapan komponen RPP berada dalam kategori sangat sesuai. Komponen RPP dalam kategori sangat sesuai adalah identitas mata pelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan sumber belajar. Komponen yang berada dalam kategori sesuai adalah skenario pembelajaran dan penilaian.
  • xv,141 hal. : ilus