Pengaruh konseling individual dengan teknik self instruction untuk mengurangi perilaku overkonformitas siswa "X" di SMA Negeri 1 Tanjung Batu
Main Author: | Zaenal Abidin |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=591 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- PENGARUH KONSLING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI PERILAKU OVERKONFORMITAS SISWA “X” DI SMA NEGERI 1 TANJUNG BATUABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling individual dengan teknik self instruction terhadap perilaku overkonformitas siswa “X” di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimen. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala perilaku overkonformitas siswa dan observasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan dimaknai dengan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling individual dengan teknik self instruction mempunyai pengaruh untuk mengurangi perilaku overkonformitas siwa “X”. Sebelum diberi perlakuan, didapat skor 55 dalam kategori tinggi dan setelah diberi perlakuan sebanyak Tiga kali konseling individual dengan teknik self instruction, didapat skor 44 dalam kategori sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling individual dengan teknik self instruction memberikan pengaruh untuk mengurangi perilaku overkonformitas siswa “X” ditandai dengan menurunnya perilaku overkonformitas siswa “X”.Kata kunci : Self instruction, Perilaku Overkonformitas
- xiii, 81 hlm. : ilus.