Upaya meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran kimia kelas X SMAN 10 Palembang dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)
Main Author: | Elisa |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=555 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Pada penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA5 di SMA Negeri 10 Palembang yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data hasil belajar diperoleh dari post tes dan data keaktifan siswa diperoleh dari lembar observasi. Berdasarkan penelitian, diperoleh nilai hasil belajar siswa sebelum tindakan (T0) sebesar 64.2 dengan persentase ketuntasan klasikal 42.5%. Pada siklus I (T1) menunjukan nilai rata-rata yaitu 75.75 dengan persentase ketuntasan klasikal 67.5%. Sedangkan pada siklus II (T2) nilai rata-rata siswa yaitu 81.3 dengan persentase ketuntasan klasikal 86.8%. Dari hasil pengamatan kegiatan siswa seperti siswa mencatat penjelasan guru pada siklus satu yaitu 49% dan pada siklus kedua 71% sedangkan untuk presentase kegiatan siswa menanggapi presentasi dari kelompok lain pada siklus satu yaitu 13% dan pada siklus kedua 38%. Rata-rata keaktifan siswa dalam kelompok pada siklus I sebesar 50.5% menjadi 65.6% pada siklus II. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia ditunjukkan dari T2>T1>T0. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada para guru yang mempunyai masalah yang sama dalam pembelajaran dapat menerapkan model pembelajaran STAD.
- xii, 152 hlm. : ilus.