Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 147 Palembang

Main Author: Eka Purnamasari
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=5506
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 147 Palembang. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA sebanyak 38 orang siswa yang terdiri dari 26 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan, dengan jumlah keseluruhan siswa kelas V yaitu 144 orang siswa. Rancangan metode yang digunakan yaitu Pre-Eksperimental Design (nondesign) One Group Pretest-Posttest design. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data dari hasil belajar matematika pretest dan posttest siswa. Berdasarkan hasil tes hasil belajar matematika yang diambil dari pretest dan posttest siswa diolah dengan menggunakan uji normalitas untuk mengetahui data sampel yang digunakan telah memenuhi asumsi berdistribusi normal, dilanjutkan dengan menguji kebenaran atau kepalsuan hipotesis dengan rumus hitung uji t maka didapatkan t hitung = 3,31 dan ternyata t hitung lebih besar dari t tabel untuk kesalahan 0,05% atau t0,975 (3,31>2,02), maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Model Discovery Learning dan hasil belajar siswa sebesar 3,31.
  • xiii, 72 hlm. : ilus.