Pengaruh teknik round table terhadap kemampuan menulis teks deskriptif pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Selatan
Main Author: | Bahrul Lutfi |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=5420 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah teknik round table berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskriptif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik round table terhadap kemampuan menulis teks deskriptif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Selatan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Control Group pre-test Pos-test. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII.1 dan kelas VII.2. Jumlah sampel penelitian seluruhnya 55 siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelas kontrol dan eksperimen, peneliti menggunakan teknik purposive sampling sehingga di dapat kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, sedangkan teknik pengelolaan data yang digunakan adalah perhitungan uji-t menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 61,61 dan kelas kontrol 59,00. Nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 82,07, sedangkan kelas kontrol 73,37. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan menulis siswa dalam bentuk teks deskriptif pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Selatan, pada kelas eksperimen sebesar 20,46 dan kelas kontrol sebesar 14,37. Hasil analisis data dengan uji-t membuktikan bahwa thitung > ttabel (6,493 > 2,006) dengan df 53 pada tingkat keberhasilan 95% (α=0.025). Dengan demikian Ha yang berbunyi “Ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan teknik Round Table dan siswa yang diajar menggunakan teknik yang digunakan guru” terbukti kebenarannya.
- xiv, 61 hlm. : ilus.