Pengaruh pembelajaran berbasis kemampuan otak terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lais
Main Author: | Nilawati |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=5370 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasiskemampuan otak terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di SMANegeri 2 Lais. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruhpembelajaran berbasis kemampuan otak terhadap hasil belajar peserta didik pada matapelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Lais”. Penelitian ini menggunakan metode Preexperimental designs dengan bentuk One Group Pretest – Postest Design. Populasi padapenelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Lais yang terdiri dari 5 kelassemester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 186 peserta didik. Sampel penelitiandiambil menggunakan teknik Cluster Sampling dan kelas X.3 terpilih sebagai kelas sampeldengan jumlah peserta didik 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan padapenelitian ini adalah Tes dan Observasi. Statistik yang digunakan untuk mengalisis datayaitu menggunakan uji-t dengan taraf signifikan (α = 0,05). Berdasarkan analisis data tesyang dilakukan, hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 10,54 sedangkan ttabel denganrumus interpolasi = 2,045 sehingga hipotesis yang diajukan pada penelitian ini dapat diterimakebenarannya dan Ho ditolak yaitu ada pengaruh pembelajaran berbasis kemampuan otakterhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Lais.Pengaruh tersebut dapat terlihat dari nilai r hasil dari Korelasi Pearson Product Moment, r =, sehingga dapat diintepretasikan bahwa ada korelasi yang kuat antara pembelajaranberbasis kemampuan otak terhadap hasil belajar peserta didik. Selain itu pengaruh dapatdilihat dari rerata hasil peserta didik dari data pretest dan posttest, dari hasil pretest didapatrerata nilai peserta didik sebesar 15,16, sedangkan pada posttest meningkat menjadi 72,7.Berdasarkan hasil analisis data observasi pada kelas sampel yaitu sebesar 93,33 % sehinggadapat diinterpretasikan aktifitas pembelajaran yang dilakukan peneliti sangat baik. Olehkarena itu disarankan bagi guru untuk menerapkan pembelajaran berbasis kemampuanotak(Brain Based Learning) yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
- ix,57 hlm. : ilus.