Pengembangan bahan ajar mata kuliah fisika modern pokok bahasan partikel elementer di program studi pendidikan fisika Universitas Sriwijaya

Main Author: Monasari
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=534
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTelah berhasil dikembangkan bahan ajar mata kuliah fisika modern pokok bahasanpartikel elementer yang valid dan praktis. Pengembangan bahan ajar inimenggunakan kombinasi model pengembangan Rowntree dan evaluasi Tessmer.Model pengembangan Rowntree terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan,tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi dilakukan evaluasiformatif yang dikemukakan oleh Tessmer yang terdiri dari 5 tahap, yaitu selfevaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation dan fieldtest. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi ahli, angket dan observasi.Dari hasil expert review diperoleh persentase rata-rata hasil penilaian dari para ahlisebesar 4,21 (ketegori sangat valid). Pada tahap one-to-one evaluation didapatkanhasil tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar ini sebesar 83,75%(kategori baik), sehingga bahan ajar yang dikembangkan ini sudah tergolong praktis.Pada uji coba small group evaluation, rata-rata hasil tanggapan mahasiswa terhadappenggunaan bahan ajar ini meningkat dari 83,75% menjadi 83,89% (kategori baik).Hal ini juga berarti bahwa bahan ajar yang dikembangkan sudah tergolong praktis.Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa bahan ajar yangdikembangkan sudah tergolong sangat valid dan praktis, sehingga dapat digunakansebagai bahan ajar mata kuliah fisika modern pokok bahasan partikel elementer.Kata kunci : penelitian pengembangan, bahan ajar, partikel elementer
  • x, 61 hlm. : ilus