Implementasi strategi pembelajaran Guided Note Taking (GNT) untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Palembang
Main Author: | Miranti Dwi Anggraini |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=507 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XIIPA 3 SMA Negeri 11 Palembang melalui penerapan strategi pembelajaranGuided Note Taking (GNT). Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyaktiga siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakanlembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Rata-rata keaktifan siswa dalamkelompok pada siklus I sebesar 48,19% siklus II sebesar 58,61% dan pada siklusIII sebesar 68,17%. Rata-rata skor hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan(T0) sebesar 58,84 dengan ketuntasan sebesar 46,34%. Rata-rata skor hasil belajarsiswa pada siklus I (T1) sebesar 68,25 dengan ketuntasan sebesar 34,14 %. Padasiklus II (T2) sebesar 73,17 dengan ketuntasan sebesar 46,34 %. Pada siklus III(T3) sebesar 80,00 dengan ketuntasan sebesar 70,73% Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking (GNT)dapat meningkatkan hasil belajar siswa di setiap siklusnya dan disarankan bagiguru yang mengalami permasalahan yang sama untuk menerapkan strategipembelajaran Guided Note Taking (GNT) agar hasil belajar siswa meningkat.Kata Kunci : Strategi Guided Note Taking (GNT), hasil belajar, PenelitianTindakan Kelas
- xi, 174 hlm. : ilus