Peningkatan hasil belajar kimia siswa melalui model pemebelajaran problem based learning (pbl) di kelas X IPA 3 SMA Negeri 1 Inderalaya

Main Author: Agus Prayitno
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=5045
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimiasiswa melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) di kelas X IPA3 SMA Negeri 1 Indralaya. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, setiapsiklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data didapat melalui lembar observasi dantes hasil belajar yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Terjadi peningkatan hasilbelajar dan ketuntasan belajar siswa. Hasil belajar dan ketuntasan belajar sebelumtindakan adalah 45,40 dan 12,50%, meningkat menjadi 58,34 dan 40,60% padasiklus 1, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 71,05 dan 68,70%, dan padasiklus III meningkat menjadi 83,44 dan 87,50%. Tingkat keaktifan siswa padasiklus I 42,49%, siklus II 63,36%, dan pada siklus III mencapai 78,36%. Hasilpenelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learningdapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa.
  • xiii, 167 hlm. : ilus.