Kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pendekatan Metaphorical Thinking pada materi perbandingan kelas VIII di SMP Negeri 1 Inderalaya Utara

Main Author: Intan Saputri
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=496
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pendekatan metaphorical thinking pada materi perbandingan. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Instrumen tes yang digunakan adalah soal uraian yang berjumlah 3 soal kemampuan penalaran. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil data tes. Wawancara digunakan untuk mendukung hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIIIA di SMP negeri 1 Indralaya Utara dikategorikan cukup, dengan rincian sebagai berikut: persentase kemampuan penalaran matematis sangat baik sebesar 6,25 %, untuk kategori baik sebesar 28,12 %, untuk kategori cukup sebesar 59,38 %, untuk kategori sedang sebesar 6,25%, dan untuk kategori kurang sebesar 0%. Indikator kemampuan penalaran matematis dengan persentase tertinggi yaitu menyajikan pernyataan matematika secara tertulis sebesar 92,97 %, sedangkan indikator kemampuan penalaran dengan persentase terendah yaitu menemukan pola untuk membuat generalisasi yaitu sebesar 28,91 %.
  • xiv, 139 hlm. : ilus.