Pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif teknik garis tembak terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di Sma Negeri 1 Indralaya

Main Author: Nurmalia Dewi
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=4789
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif teknikgaris tembak terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegarandi SMA Negeri 1 Indralaya. Yang menjadi permasalahan adalah Bagaimana pengaruh penerapanstrategi pembelajaran aktif teknik garis tembak terhadap hasil belajar peserta didik padamatapelajaran Pendidikan Kewarganegaran di SMA Negeri 1 Indralaya. Penelitian yang dilakukanadalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Indralaya.Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu bahwa kelas X.D sebagai kelaskontrol dan kelas X.E sebagai kelas eksperimen, karena kedua kelas tersebut mempunyai nilaiyang hampir sama. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, adalah teknik dokumentasi,teknik tes, dan angket. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Dari analisis danpembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pengaruhpenerapan strategi garis tembak terhadap hasil belajar peserta didik pada matapelajaran PendidikanKewarganegaraan di SMA Negeri 1 Indralaya. Hal tersebut terbukti dari nilai rata-rata untuk kelaseksperimen yaitu 85 lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 71. Secarastatistik melalui analisis uji-t test diperoleh thitung =19,17 > ttabel =1,9, dengan demikian menolak Hodan menerima Ha yang menyatakan, ada pengaruh dari penerapan strategi pembelajaran aktifteknik garis tembak terhadap hasil belajar peserta didik pada matapelajaran PendidikanKewarganegaraan di SMA Negeri 1 Indralaya dengan taraf signifikan sebesar 5%.
  • vii, 61 hlm. : ilus.