Pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif teknik garis tembak terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di Sma Negeri 1 Indralaya
Main Author: | Nurmalia Dewi |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=4789 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif teknikgaris tembak terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegarandi SMA Negeri 1 Indralaya. Yang menjadi permasalahan adalah Bagaimana pengaruh penerapanstrategi pembelajaran aktif teknik garis tembak terhadap hasil belajar peserta didik padamatapelajaran Pendidikan Kewarganegaran di SMA Negeri 1 Indralaya. Penelitian yang dilakukanadalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Indralaya.Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu bahwa kelas X.D sebagai kelaskontrol dan kelas X.E sebagai kelas eksperimen, karena kedua kelas tersebut mempunyai nilaiyang hampir sama. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, adalah teknik dokumentasi,teknik tes, dan angket. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Dari analisis danpembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pengaruhpenerapan strategi garis tembak terhadap hasil belajar peserta didik pada matapelajaran PendidikanKewarganegaraan di SMA Negeri 1 Indralaya. Hal tersebut terbukti dari nilai rata-rata untuk kelaseksperimen yaitu 85 lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 71. Secarastatistik melalui analisis uji-t test diperoleh thitung =19,17 > ttabel =1,9, dengan demikian menolak Hodan menerima Ha yang menyatakan, ada pengaruh dari penerapan strategi pembelajaran aktifteknik garis tembak terhadap hasil belajar peserta didik pada matapelajaran PendidikanKewarganegaraan di SMA Negeri 1 Indralaya dengan taraf signifikan sebesar 5%.
- vii, 61 hlm. : ilus.