Pengaruh strategi pembelajaran kreatif produktif terhadap kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Srijaya Negara Palembang
Main Author: | Dewi Anggraini |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=4785 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/6.FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategipembelajaran kreatif produktif dengan strategi pembelajaran pemecahan masalah kreatifterhadap kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Srijaya NegaraPalembang. Hipotesis penelitian ini adalah ada perbedaan pengaruh strategi pembelajarankreatif produktif dengan strategi pembelajaran pemecahan masalah kreatif terhadapkreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Srijaya Negara Palembang.Variabel penelitian ini adalah strategi pembelajaran kreatif produktif, strategi pembelajaranpemecahan masalah kreatif dan kreativitas belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalahquasi experimental desain bentuk nonequivalent control group design. Penentuan sampeldilakukan teknik random dengan cluster sampling. Teknik pengumpulan data yangdigunakan yaitu observasi, dilakukan pada tiga kali pertemuan. Teknik analisis datamenggunakan rumus Uji-t. Hasil analisis data observasi kreativitas belajar didapat thitung =6,85 sedangkan tinterpolasi = 1,99 sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh strategipembelajaran kreatif produktif dengan strategi pembelajaran pemecahan masalah kreatifterhadap kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Srijaya NegaraPalembang. Penggunaan strategi pembelajaran kreatif produktif ini memberikan sumbangan49% terhadap kreativitas belajar peserta didik. Di samping itu strategi pembelajaran ini jugadapat meningkatkan semangat peserta didik dalam pembelajaran, terlihat dari pertanyaan dantanggapan peserta didik dan pembuatan produk kreatif saat pembelajaran berlangsung.Sehingga penulis memberikan saran kepada guru agar dapat menggunakan strategipembelajaran kreatif produktif sebagai variasi strategi dalam pembelajaran.
- ix, 82 hlm.:ilus.