Implementasi media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas II SD negeri 149 Palembang

Main Author: Indah Budiarti
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=446
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Implementasi Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas II SD Negeri 149Palembang.ABSTRAKTujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajarantematik dengan tema “Keluarga” pada siswa kelas II SD Negeri 149 Palembangdengan implementasi media puzzle. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IIE SD Negeri 149 Palembang yangberjumlah 39 orang siswa, terdiri dari 20 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki.Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitutahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Untukmengumpulkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan beberapa teknik yaitubutir soal yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan lembar observasi untukmelakukan pengamatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan datahasil belajar yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian, diperoleh hasil bahwa, (1)ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada ujian tengah semester sebesar43,59% meningkat pada Siklus I menjadi 61,54%. Pada Siklus II mencapai 86,48%dan pada Siklus III mencapai 89,91%; (2) hasil aktivitas belajar siswa pada siklus Ipertemuan pertama yaitu, 63,93% (Cukup aktif), pada siklus I pertemuan kedua68,27% (Aktif), pada siklus II pertemuan pertama 73,26% (Aktif), pada siklus IIpertemuan kedua 74,66% (Aktif), pada siklus III pertemuan pertama 76,87% (Aktif),dan pada siklus III pertemuan kedua 80,06% (Sangat aktif). Dari data tersebut makadapat disimpulkan bahwa implementasi Media Puzzle dapat meningkatkan hasilbelajar siswa pada pembelajaran tematik.Kata-kata kunci : media, puzzle, hasil belajar, pembelajaran tematik.
  • xiii, 192 hlm. : ilus