Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan menulis Puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjunh Batu Kabupaten Ogan Ilir

Main Author: Sri Hartati
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=4184
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan kontekstualmenerapkan prinsip menemukan dan pemodelan terhadap kemampuan menulis puisisiswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Batu. Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah metode eksperimen semu. Populasi sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.1dan kelas VIII.2. Sampel penelitian berjumlah 64 siswa terdiri dari dua kelas, yakni kelasVIII.1 (kelas eksperimen) mendapat pembelajaran menulis puisi dengan pendekatankontekstual menerapkan prinsip menemukan dan pemodelan, yang berjumlah 32 siswadan kelas VIII.2 (kelompok kontrol) mendapat pembelajaran menulis puisi denganpendekatan tradisional, yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah tes menulis puisi, sedangkan teknik analisis data yang digunakanadalah teknik statistik dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapatperbedaan kemampuan menulis puisi antara siswa yang diajar dengan pendekatankontekstual menerapkan prinsip menemukan dan pemodelan dengan siswa yang diajardengan pendekatan tradisional. Skor rata-rata kelompok eksperimen dan skor kelompokkontrol dari penghitungan uji-t, menunjukkan bahwa thit > ttab atau 5,656 > 1,670 dengandf = 62 pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian, hal ini membuktikan bahwapembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual menerapkanprinsip menemukan dan pemodelan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung BatuKabupaten Ogan Ilir lebih efektif daripada hanya menggunakan pendekatan tradisional.
  • xiii, 53 hlm. : ilus.