Pengaruh model pemebelajaran react terhadap keterampilan proses sains dasar siswa kelas XI di SMA Negeri I Tanjung Raja
Main Author: | Mey Melisa |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=3958 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Coopertating, Transffering (REACT) terhadap keterampilan proses sains dasar kelas XI SMAN 1 Tanjung Raja. Metode penelitian menggunakan Quasy Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai rata-rata tes tertulis berupa pretest dan posttest kelas eksperimen adalah 4,22 dan 6,03, sedangkan kelas kontrol adalah 4,18 dan 5,12. Nilai pretest dan Posttest kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan kedua varians tergolong homogen. Nilai rata-rata lembar observasi kelompok kelas eksperimen adalah 7,16 dan kelas kontrol adalah 6,55. Nilai rata-rata tes praktik siswa kelas eksperimen adalah 7,50 dan kelas kontrol adalah 6,83. Nilai lembar observasi dan tes praktik digunakan sebagai data pendukung, sedangkan perbedaan nilai tes tertulis digunakan untuk melakukan uji-t. Perbedaan nilai rata-rata tes tertulis kelas eksperimen adalah 1,81 dan kelas kontrol adalah 0,94. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%, diperoleh bahwa t(hitung) > t(tabel), yakni 6,19 > 1,67 maka Ho ditolak. Berdasarkan uji statistik, menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran REACT berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dasar siswa kelas XI SMAN 1 Tanjung Raja. Peneliti menyarankan bagi pihak pendidik agar dapat menggunakan model pembelajaran REACT yang memiliki pengaruh terhadap keterampilan proses sains dasar, selain itu diharapkan dapat dilakukan penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan dan sampel yang berbeda untuk mengetahui pengaruh terhadap keterampilan proses sains terpadu.Kata-kata kunci: model pembelajaran REACT, eksperimen semu, keterampilan proses sains dasarKata Kunci: Model Pembelajaran REACT, Eksperimen Semu, Keterampilan Proses Sains Dasar
- xi, 53 hlm. : ilus