Pengaruh implementasi pendidikan karaktristik terhadap aspek afektif siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMA Negeri 8 Palembang
Main Author: | Pipin Erlina |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=3732 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pendidikan karakter terhadap aspek afektif siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 8 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen tipe time series desain yang menggunakan satu kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Berdasarkan hasil rerata observasi aspek afektif siswa yang diperoleh dari data sebelum dan sesudah diterapkannya pendidikan karakter sebesar 75.55% dan meningkat menjadi 85.05%, sedangkan hasil rerata angket pada pertemuan awal sebelum diterapkannya pendidikan karakter untuk angket pendidikan karakter dan aspek afektif sebesar 71.26% dan 77.84% dan hasil rerata angket pada pertemuan akhir sesudah diterapkannya pendidikan karakter untuk angket pendidikan karakter dan aspek afektif meningkat menjadi 79.35% dan 86.78%, selanjutnya, berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Samples T-Test maka diperoleh nilai hitung sebesar 33.377 > 6,756 pada taraf signifikan 5% atau α =.05 dengan tingkat keyakinan 95% dengan demikian tolak Ho dan terima Ha, artinya “terdapat pengaruh yang signifikan dari implementasi pendidikan karakter sesudah diterapkannya pendidikan karakter terhadap aspek afektif siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 8 Palembang”.
- xv, 131 hlm. : ilus.