Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran kimia siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Inderalaya Utara
Main Author: | Ayuni Citra Sari |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=3575 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) mata pelajaran kimia kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 3 siklus. Siklus I, II, dan III terdiri atas masing-masing 2 pertemuan. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan (T0) sebesar 63,98 dengan ketuntasan belajar sebesar 35,48%. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (T1) adalah 66,41 dengan ketuntasan belajar 48,38%. Pada siklus II (T2), rata-rata hasil belajar siswa adalah 78,10 dengan ketuntasan belajar sebesar 67,74%. Pada siklus III (T3), rata-rata hasil belajar siswa adalah 82,19 dengan ketuntasan belajar sebesar 87,10%. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa, terjadi peningkatan aktivitas. Rata-rata keaktifan siswa dalam kelompok pada siklus I sebesar 40,92%, siklus II sebesar 56,12% dan pada siklus III sebesar 72,58%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
- xiii, 59 hlm. : ilus.