Analisis kinerja guru ekonomi terhadap pemebelajaran yang efektif di SMA Negeri se- Kota Prabumulih
Main Author: | Putra Zeka Maurithon |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=3166 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- ANALISIS KINERJA GURU EKONOMI TERHADAP PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF SE-KOTA PRABUMULIHABSTRAKTujuan penelitian ini adalah Mengetahui kinerja guru mata pelajaran ekonomi yang telah bersertifikasi dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri se-Kota Prabumulih dan untuk mengetahui kinerja guru mata pelajaran ekonomi yang telah bersertifikasi dalam proses pembelajaran di SMA Negeri se-Kota Prabumulih. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan angket. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Prabumulih, SMA Negeri 2 Prabumulih dan SMA Negeri 6 Prabumulih. Populasi penelitian ini terdiri dari 5 orang guru mata pelajaran Ekonomi yang mengajar pada kelas XI tahun pelajaran 2013/2014 di tiga SMA Negeri Kota Prabumulih. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil Observasi pada proses pembelajaran mata pelajaran Ekonomi, dokumentasi dan pengisian angket. Observasi dilakukan untuk mengetahui kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas, dokumentasi digunakan untuk mengetahui kinerja guru dalam melakukan perencanaan pembelajaran dan dilihat dari data rancana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru. Hasil dari penelitian ini adalah dari seluruh guru jumlah skor rerata IPKG I sebesar76,6% yang berarti kinerja guru dilihat dari proses perencanaan termasuk kategori baik, dan dari seluruh guru diperoleh jumlah skor rerata IPKG II sebesar 70,52% yang berarti kinerja guru dalam proses pembelajaran termasuk kategori baik. Bedasarkan hasil dari dokumentasi dan observasi kinerja guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri kota Prabumulih termasuk kategori baik dan dinyatakan efektif berdasarkan hasil penilaian kinerja dilihat dari perencanaan dan proses pelaksanaan pembelajaran.Kata kunci : Analisis Kinerja, Efektifitas Pembelajaran
- ix, 47 hlm. : tab. : ilus.