Pelayanan perizinan terpadu satu pintu "studi tentang pelayanan perizinan pertambangan Rakyat melalui Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal Kabupaten Musi Banyuasin"

Main Author: Arshinta Agustian
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=3162
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/Fak_HUKUM.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Pelayanan perizinan pertambangan rakyat di Kabupaten Musi Banyuasinmelalui BP3M, yang diposisikan sebagai model pelayanan terpadu satu pintu. Modelpelayanan seperti ini dimaksudkan untuk mereformasi birokrasi perizinan menjadilebih sederhana, cepat dan murah. Penelitian ini mengkaji apakah tujuan dari modelPelayanan Terpadu Satu Pintu tersebut telah diterapkan sebagaimana dengan yangdiharapkan. Kedua adalah perbaikan seperti apa yang dilakukan BP3M untukmengoptimalkan tujuan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif, yaitu berupa pertanyaan yang diberikan kepada informan terhadapbagaimana bentuk pelayanan terpadu satu pintu serta perbaikan apa saja yangdilakukan oleh Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal Kabupaten MusiBanyuasin dalam memberikan Izin Usaha Pertambangan Rakyat kepada masyarakat.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara teknis belum diterapkan secarasatu pintu melainkan masih melibatkan instansi terkait dalam proses penyelesaianIzin Usaha Pertambangan Rakyat. BP3M terus meningkatkan kinerja denganmelakukan perbaikan seperti pelatihan kerja bagi pegawai, kerjasama antar instansi,sosialisasi dan studi banding dalam rangka mengoptimalkan kinerja pelayanankhususnya dalam pemberian Izin Usaha Pertambangan Rakyat.
  • x,119 hlm,;ill,; 29 cm