Pengaruh pendekatan metakognitif terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita di kelas VIII SMPN. 1 Palembang

Main Author: Dinal 'Ulya
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=3085
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/06_FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu ( quasi experimental research )dengan metode control group design pretest-postestyang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan metakognitif terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita di kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII.3 dan VIII.4 yang masing-masing terdiri dari 30 siswa di SMP Negeri 1 Palembang. Pengumpulan dan analisis data berupa tes yang berisi soal cerita. Tes dilaksanakan sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan metakognitif. Data pretest untuk melihat kemampuan awal siswa yaitu siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berkemampuan awal yang sama dalam menyelesaikan soal cerita sedangkan posttest digunakan untuk menguji hipotesis. Analisis data yang digunakan adalah independent samplet-test. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh nilai P value< 0,05 dan thitung = 7,815, sedangkan nilai ttabel = 1,692. Dengan demikian thitung> ttabel, sehingga tolak H0. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan metakognitif terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita di kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang.
  • xi, 90 hlm. : ilus.