Keterbacaan teks dalam buku siswa bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas x sma berdasarkan grafik fry dan prosedur klos

Main Author: Resti Eraviana
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2969
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat keterbacaan teks dalam buku siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk kelas X SMA berdasarkan grafik Fry dan prosedur Klos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan teks dalam buku siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk kelas X SMA berdasarkan grafik Fry dan prosedur Klos. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data diperoleh dari buku teks pegangan siswa berjudul Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sampel penelitian untuk prosedur Klos adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya yang berjumlah 35 orang. Teks yang diteskan diambil dari buku siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik yang berjumlah 9 teks. Pengolahan data dilakukan dengan formula grafik Fry dan prosedur Klos. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan teks dalam buku siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk kelas X SMA yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud dilihat dari rata-rata hasil pengukuran grafik Fry tergolong cocok untuk siswa kelas X SMA dan berdasarkan hasil prosedur Klos buku teks tersebut memiliki tingkat keterbacaan sedang atau memiliki klasifikasi teks yang sedang untuk dipahami siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Hal ini berdasarkan rata-rata hasil tes Klos yang didapat yaitu sebesar 58%.
  • xiv, 54 hlm. : ilus.