Hubungan kompetensi pedagogik guru IPS dengan prestasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri Tanjung Raja
Main Author: | Fakhriati |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2649 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang hubungan kompetensi pedagogik guru IPS dengan prestasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri Tanjung Raja. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “adakah hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru IPS dengan prestasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri Tanjung Raja”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS di SMP Negeri Tanjung Raja dengan sampel penelitian guru IPS yang mengajar di kelas VIII di SMP Negeri Tanjung Raja. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan Hasil analisis data observasi dan angket kompetensi pedagogik guru diperoleh kategori penilaian baik dan hasil wawancara kategori sangat baik. Berdasarkan analisis data prestasi belajar peserta didik diperoleh kategori baik. Hasil analisis hubungan kompetensi pedagogik guru IPS dengan prestasi belajar peserta didik didapat koefesien korelasi dengan kategori hubungan sangat kuat. Untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru IPS dengan prestasi belajar peserta didik dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru IPS dengan prestasi belajar peserta didik. Sekolah diharapkan memberikan pelatihan kepada guru agar guru IPS dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
- xiii, 147 hlm. : ilus.