Pengaruh strategi pembelajaran Active enowledge Sharing ( berbagai pengetahuan secara aktif) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan
Main Author: | Yulia |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2544 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/06_FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing (berbagi pengetahuan secara aktif) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (berbagi pengetahuan secara aktif) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (berbagi pengetahuan secara aktif) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan tahun ajaran 2012/2013. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah terdiri dari dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VII.2 dan kelas VII.4, dengan pertimbangan bahwa kelas yang menjadi sampel dari penelitian memiliki kemampuan yang hampir sama dalam hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji_t. Diperoleh > = 1,99 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (berbagi pengetahuan secara aktif) dan kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Dimana nilai ratarata hasil belajar eksperimen adalah 83,24 dan kelas kontrol 70,76. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan penggunaan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (berbagi pengetahuan secara aktif) mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Dengan demikian menolak Ho yang menyatakan tidak ada pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (berbagi pengetahuan secara aktif) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan dan menerima Ha yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (berbagi pengetahuan secara aktif) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan.
- ix, 86 hlm. : ilus.