Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada mata pelajaran kimia kelas XI MAN 3 Palembang
Main Author: | Rarasanti Yonatha Thresia |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2441 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kimia dikelas XI. Pada penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 4 di MAN 3 Palembang yang berjumlah 34 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung sebanyak dua siklus dengan menggunakan teknik pengumpulan data lembar observasi dan tes akhir siklus. Lembar pengamatan digunakan untuk mengetahui keaktifan siswa dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dari hasil pengamatan kegiatan siswa seperti siswa mendiskusikan permasalahan yang diberikan pada siklus satu yaitu 14.87% dan pada siklus kedua 16.55%. Sedangkan untuk persentase kegiatan siswa seperti menyimpulkan hasil diskusi pada siklus satu yaitu 16.43% dan pada siklus kedua 18.95%. Rata – rata nilai hasil belajar siswa sebelum tindakan (T0) sebesar 69.56 dengan persentase ketuntasan klasikal 58.82%. Pada siklus I (T1) menunjukkan nilai rata – rata yaitu 79.41 dengan persentase ketuntasan klasikal 67.65%. sedangkan pada siklus II (T2) nilai rata – rata siswa yaitu 89.41 dengan persentase ketuntasan klasikal 91.18%. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa oleh karena itu disarankan bagi guru bidang studi kimia dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) agar siswa menjadi lebih aktif dan hasil belajar siswa lebih meningkat.
- xi, 94 hlm. : ilus.