Pengaruh metode porpe (predict, organize, rehearse, practice, evaluate) terhadap kemampuan memahami teks cerita pendek Siswa Kelas VII SMP N 6 Gelumbang

Main Author: Amir Ahmad
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=242
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/06_FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode PORPE terhadapkemampuan memahami teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 6Gelumbang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu.Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII.B sebagai kelaseksperimen yang berjumlah 33 siswa dengan perlakuan metode pembelajaranPORPE, dan kelas VII.C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa denganperlakuan metode pembelajaran konvensional yang biasa digunakan oleh guru.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan datamenggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengankelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 45,67 meningkat sebesar11,54 menjadi 57,21 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 40,06meningkat sebesar 8,68 menjadi 48,74 pada tes akhir. Dari hasil penelitianmenunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelaskontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung > ttabel = 2,514 >1,997 dengan df = 66 pada tingkat keberhasilan 95% ( =0.05). Karena thitung lebihbesar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan ―Adaperbedaan kemampuan memahami teks cerita pendek antara siswa yang diajarmenggunakan metode PORPE dengan siswa yang diajar menggunakan metodekonvensional‖ dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkanbahwa metode pembelajaran PORPE berpengaruh terhadap kemampuan memahamiteks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 6 Gelumbang.
  • xiii, 51 hlm. : ilus.