Penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah pada kompentensi dasar menghitung luas Trapesium dan Layang - layang untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 30 Tebing Tinggi
Main Author: | Andi Saputra |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2363 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/06_FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menghitung Luas Trapesium dan Layang-Layang di SD Negeri 30 Tebing Tinggi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM). Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 30 Tebing Tinggi semester dua tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 25 orang siswa. Keberhasilan penelitian ini diamati berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai ujian setiap akhir siklus. Siswa dinyatakan tuntas belajar bila mencapai nilai ≥60 dan suatu kelas dinyatakan tuntas belajar apabila di kelas tersebut terdapat ≥85% siswa yang mendapat nilai 60 atau lebih. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa setelah dilakukan tes berupa pemberian soal-soal dalam bentuk essey yang menunjukkan nilai ketuntasan. Siklus I dengan persentase 56% yang tuntas, siklus II dengan persentase 88% yang tuntas sedangkan pada tes akhir 92% ketuntasan hasil belajar siswa. Selain itu pada hasil observasi siklus I tingkat keaktifan siswa 56%, dan siklus II menjadi 92%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model PBM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 30 Tebing Tinggi pada kompetensi dasar menghitung luas trapesium dan layang-layang.
- xv, 131 hlm. : ilus.