Penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 21 Palembang
Main Author: | Gian Handini |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2271 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 21 Palembang dengan menerapkan model pembelajaran Scramble. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas V.B SD Negeri 21 Palembang, dengan jumlah 29 siswa, 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dengan menerapkan model pembelajaran Scramble. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I 21 siswa (72,41%), siklus II 23 siswa (79,31%), siklus III (96,55%). Sedangkan hasil observasi aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan 1 sebesar 65,08%, pertemuan 2 65,51%, siklus II pertemuan 1 66,38% dan pertemuan 2 meningkat menjadi 70,69%, serta siklus III pertemuan 1 sebesar 77,59% dan pertemuan 2 meningkat menjadi 84,05%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 21 Palembang.
- xiv, 98 hlm. : ilus.